Tugas Wajib 5 : Kehebatan VCSO Cam

Bahasa Indonesia 2 #

Nama : Fajar Nurhakim (12112722)

Kelas : 3KA03

.

Vscocam adalah sebuah aplikasi yang memiliki fungsi menangkap atau mengambil foto, memungkinkan untuk melakukan perubahan dari filter digital, dan dapat membagikan foto ke aplikasi vscocam tersebut, Aplikasi ini juga memberikan pilihan untuk membagikan ke media jaringan sosial lainnya. Keistimewahan dari aplikasi ini adalah memberikan pilihan filter yang unik, elegan, dan lebih menarik, dimana filter-filter yang ditawarkanpun tidak dapat diperoleh dari media lain. Aplikasi vscocam ini dapat digunakan di iPhone, iPad, iPod touch yang bisa didapatkan melalui app store dan aplikasi ini bisa digunakan juga di sistem operasi android.

Sejarah VSCO

Vsco adalah perusahaan seni dan teknologi yang membangun ekosistem perangkat digital, layanan dan untuk masyarakat kreatif modern. Perusahaan ini dibentuk pada tahun 2011, perusahaan yang berbasis di oakland, dan kator yang terletak di colorado springs dan new york city. Dasar dari perusahaan Vsco adalah komunitas kreatif, bersatu demi keindahan, melakukan apa yang dicintai, tentang menuangkan setiap ons darah, keringat dan air mata menjadi sesuatu yang layak dipercaya, dan yang paling penting adalah tentang kekuatan seni untuk seni dan keyakinan bahwa foto dapat mengubah perspektif, suasana hati, dan kehidupan. Dan kemudian yang terakhir adalah tentang gerakan dari seluruh jutaan dunia menciptakan cinta kerajinan dan masyarakat.

Fitur-fitur VSCOCAM

Kamera

Kamera vscocam berguna untuk melakukan pengambilan gambar sesuai objek yang ingin kita ambil. Hasil foto yang diambil akan tersimpan secara otomatis di library yang ada di aplikasi tersebut. Kemudian hasil foto tersebut dapat bisa langsung dilakukan perubahan melalui filter-filter yang disediakan dan juga dapat langsung mengatur lanjutan kontrol kamera, Pengaturan Foto yang bisa dapat dilakukan yaitu penambahan atau pengurangan dari volume dari exposure, temperature, contrast, rotate, crop, fade, vignette, tint, shadow, highlights, sharpen, dan skintone. Masing-masing dari jenis pengaturan foto ini memiliki kegunaan untuk meningkatkan hasil ketajaman dari foto yang ingin diubah. Selanjutnya foto-foto hasil dari perubahan kontrol kamera vscocam bisa langsung diunggah di vscocam dan akan otomatis masuk di pilihan grid vsco dan langsung dinikmati oleh para pengikut dari vscocam, tetapi sebelumnya agar hasil foto dapat diunggah di aplikasi vscocam, diharuskan sebelumnya mendaftar untuk menjadi anggota dari vscocam. Foto yang diunggah pun tidak terbatas atas jumlah tertentu, dan ukuran foto juga tidak terbatas, bisa diunggah dengan berbagai ukuran foto. Untuk standarisasi pengunduhan aplikasi vsco cam dan vsco grid sekarang tersedia untuk android 4.0 dan perangkat iOS, yang sekarang termasuk iOS 8.

Penggunaan Vscocam di sistem operasi iOS 8

Untuk penggunaan Vscocam di perangkat sistem operasi iOs 8, ada pilihan untuk penganturan ISO, ISO merupakan fitur luar biasa yang memungkinkan untuk mengambil kontrol dari gambar dengan mengukur sensitivitas kamera terhadap cahaya. Jika memilih AUTO, kamera secara otomatis akan menerapkan ISO pilihan untuk gambar. Jika tidak memilih AUTO, lingkaran putih akan muncul. Di sana akan dapat geser lingkaran ke kanan untuk menambahkan cahaya dan ke kiri untuk menghapusnya. Selanjutnya fitur Auto white balance, pilihan ini sudah ada sejak VSCO Cam diciptakan, tetapi untuk sistem operasi terbaru iOS 8, dapat megontrol untuk penyesuaian manual. Kemudian ada Fokus baru VSCO Cam manual memungkinkan untuk menaikan tingkat auto fokus kamera untuk mencapai detail yang diinginkan di setiap pengambilan gambar.kecanggihan selanjutnya adalah bisa mengatur kecepatan rana, Kecepatan rana memungkinkan untuk memperlambat atau mempercepat shutter. Memperlambat rana Anda ke bawah memungkinkan untuk lebih banyak cahaya dan gerakan, sementara mempercepat memungkinkan untuk terjadinya kekurangan cahaya tetapi juga gambar yang lebih tajam. Shutter Speed dapat secara otomatis ditentukan oleh perangkat dengan menekan AUTO.

Efek Foto

Untuk efek foto tersedia dari berbagai pilihan, untuk pilihan efek yang gratis adalah BW yang terdiri dari B1 (black and white classic) dan B5 (black and white moody), C1 Vibrant, F2 mellow, G3 potraits, M3 mood, M5 Fade, P5 instant, T1 moody, X1 bw fade, HB yang terdiri dari HB1 Hypebeast dan HB2 Hypebeast , efek analog (A4, A5, A6), efek street etiquete (SE1, SE2, dan SE3), dan yang terakhir adalah LV3 Levis.

Untuk pilihan efek yang berbayar adalah Black & White Classic (B1-B3) untuk efek ini memunculkan kesan sederhana namun abadi, preset b series ini menyediakan perbaikan halus pada hitam dan putih. Dengan detail bayangan yang sangat baik dan kontras, paket ini mengakomodasi tambahan dari berbagai foto. Black & White Heavy Fade (X1–X3) untuk x series ini memberikan kesan menarik dan memberikan kualitas pudar yang kuat, dan berlaku untuk berbagai situasi. Black & White Moody (B4-B6) efek ini memberikan kesan kehadiran gelap, gravitasi dan kedalaman dari potraits. Paket kontras tinggi ini memberikan detail enhances yang hebat dalam tekstur dan lingkungannya. Black & White Light tone (X4-X6) memberikan kesan semangat dan lebut, paket series x edisi dua ini secara natural menjawab pola sepia klasik, paket ini cocok untuk segala jenis acara. masing-masing dari efek tersebut dikenakan biaya sebesar 99 Cents. Selanjutnya efek the contemporary collection yang memberikan 4 pak (totalnya adalah 12 preset) termasuk analog/archetype, new modern / lights, polychrome summer dan polychrome winter. Bundel ini menawarkan fantastis preset dan nilai, dan biaya dari efek ini seharga $2.99. selanjutnya ada efek fadded & moody, mellow/fade, mood : subtle fade, mood : underexposed, keempat efek ini menawarkan kesan kelam yang dalam dengan porsi efek yang berbeda-beda, harga yang ditawarkan untuk efek ini sebesar 99 Cents. Efek selanjutnya yaitu instant classic, instant + cool, dan instant + warm. Efek ini memberikan kesan mewujudkan banding film instan dan memudar pola warna, efek ini juga cocok untuk makanan, fashion dan kehidupan sehari-hari, harga efek ini masing-masing sebesar 99 cents. Kemudian efek selanjutnya Polychrome summer dan pollychrome winter, efek polychrome ini cocok untuk fashion, kehidupan gaya dan objek yang tetap, warna pink, kuning dan ungu cocok untuk membangkitkan memori terbaik dari waktu summer dan memberikan pola warna yang dingin dan membuat inspirasi dalam musim winter. Harga untuk efek ini juga sebesar 99 Cents. Kemudian efek menarik juga ditawarkan pada efek analog classic, bright + clean, bright + warm, new modern/lights, dan vibrant classic. Masing-masing dari efek ini dikenakan harga sebesar 99 cent per efek. Dan efek terbaru dari vscocam adalah the minimalist collection, efek ini menawarkan 10 jenis preset baru yang menawarkan desaturated dan tenang untuk hidup dan bersih, ideal untuk menekankan keindahan dalam keheningan, pengaturan kontemplatif, potret, dan arsitektur. Harga efek ini lebih mahal dari pada yang lainnya yaitu sebesar $2.99.

Library dan Grid VSCO

Library merupakan wadah atau tempat untuk menyimpan gambar yang ingin diubah atau yang sudah diubah sebelum disimpan di gallery foto atau sebelum di unggah ke media social seperti instagram, facebook, twitter, email dan weibo. Untuk Grid vsco merupakan suatu wadah untuk berbagi hasil foto-foto dengan kualitas yang terbaik dan hasil pengaturan foto yang baik. Grid vsco memberikan peluang untuk Menunjukan hasil foto yang profesional terhadap sesama anggota vscocam dan bisa saling mengikuti, agar dapat secara langsung menerima atau melihat foto yang diunggah oleh anggota vscocam lainnya. VSCO Cam untuk Android dan iOS sepenuhnya terintegrasi dengan VSCO Grid, platform penerbitan minimalis dari vscocam. Fungsi dari Vsco grid ini Membuat dan menampilkan fotografi asli, menemukan dan mengikuti materi dari seluruh dunia, melihat pilihan curated gambar terbaik secara online, dan tersedia pilihan untuk membaca profil artis mendalam di VSCO Journal sebagai pedoman untuk hasil foto-foto yang terbaik.

Komunitas VSCOCAM

Pertama kali Vscocam berkembang menjadi sebuah aplikasi iPhone untuk perubahan foto atau pun untuk berbagi foto. Dilanjutkan dengan perkembangan Vscocam yang hadir dalam sistem operasi android setelah membuat debut nya yang luar biasa pada operating sistem iOS yang menuai kesuksesan yang besar. Kekuatan aplikasi VSCO Cam terletak pada tingkat kedalaman customisability yang menawarkan banyak sekali preset yang dapat mengubah sepanjang spektrum warna, yang berarti jumlah hampir tak terbatas dari filter foto yang sebenarnya. Aplikasi ini gratis untuk di-download tetapi juga menawarkan pembelian filter di dalam paket preset. Hal pertama yang akan di lihat tentang VSCO Cam adalah desain nya. Para pengembang aplikasi VSCO Cam telah merancangnya sedemikian rupa sehingga enak untuk dilihat. Hasilnya adalah sebuah aplikasi yang begitu halus dan begitu eksklusif. Kesan ini diperdalam oleh beberapa uraian promosi seperti, “Mobile images have never looked so stunning“, “The Standard of Mobile Photography” dan “Elegant results, previously unattainable on Android”. Aplikasi ini memang terlihat benar-benar menakjubkan, dengan tampilan menu yang baik dan editing tools yang mudah, bahkan fitur di in-App Purchase nya pun tampak menarik untuk di coba. Ada banyak fokus pada gambar dan akan mendapatkan tampilan yang baik pula di Library dan VSCO Grid. Bukti kesuksesan dari vscocam ini didukung dengan munculnya berbagai komunitas vscocam salah satunya dalah komunitas vscocam kaskus, dimana dalam komunitas ini bisa saling berbagi mengenai cara perubahan kontrol foto yang baik, hasil-hasil perubahan foto, dan saling bertukar pikiran menyangkut hasil foto yang diubah.

VSCOCAM di Masa yang Akan Datang

Dengan berjalannya waktu, vscocam akan terus berkembang. Terbukti dimana sebelumnya vscocam hanya mengeksklusifkan aplikasi ini berada diplatform iOS, akhirnya sesuai dengan permintaan dari para pengguna android pihak Visual Supply Company mengeluarkan aplikasi VSCO Cam untuk Android secara resmi. Apa yang membedakan VSCO Cam dengan aplikasi lain, filter yang menampilkan kesan warna yang unik dan sukar untuk didapati pada aplikasi lain. Menggunakan VSCO Cam juga sangat mudah kerana ia tampil dengan kawalan yang straight-forward dan seimbang dari segi fungsi dan fungsi pembagian foto. Tapi perlu diingatkan, VSCO Cam juga memerlukan kemahiran dan kreativitas dalam pengambilan gambar. Jika tidak didukung dari kemahiran pengambilan gambar, tidak akan menghasilkan keindahan pada gambar yang diambil walaupun disunting dengan aplikasi VSCO Cam.

.

Referensi :

[1] “VSCOCAM”, http://id.wikipedia.org/wiki/VSCOCAM . 3 Mei 2015.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s