Tugas Wajib 2 : Sistem Electronik Budgeting

Bahasa Indonesia 2 #

Nama : Fajar Nurhakim (12112722)

Kelas : 3KA03

.

Sistem Electronik Budgeting

Sistem e-budgeting merupakan alat untuk menyusun RAPBD DKI. Prinsipnya, ada di pola input anggaran. Jika yang selama ini manual menggunakan Microsoft Excel, dengan e-budgeting maka input pun secara elektronik atau online, dan menggunakan sistem keamanan dengan password.

Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama menggunakan sistem e-Budgeting untuk APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) untuk 2015 ini. Dalam menyusunnya, Ahok dibantu oleh sejumlah orang yang tergabung dalam tim ahli.

Dengan langkah ini, Basuki meyakini warga dapat mengetahui pihak-pihak mana saja yang  “bermain” dengan anggaran. Warga maupun DPRD kini bisa ikut menilai anggaran mana saja yang dirasa tidak sesuai atau tidak masuk akal.

Dengan e-budgeting, Ahok berkata, anggaran-anggaran yang tidak memiliki nilai atau fungsi penting akan langsung dieliminasi. Dengan begitu, anggaran pun bisa dihemat sangat banyak.

Presiden Joko Widodo menilai Gubernur DKI Jakarta Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama telah berhasil menerapkan sistem anggaran elektronik atau e-budgeting di Pemprov DKI. Menurut Jokowi, sistem ini berhasil menemukan banyaknya anggaran siluman.

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) merasa senang karena sistem e-budgeting yang diterapkannya mulai membuahkan hasil. Ia mengatakan telah menghemat anggaran hingga Rp 5,3 triliun.

Basuki diketahui menemukan usulan anggaran siluman senilai Rp 12,1 triliun di rancangan anggaran pendapatan dan belanja daerah (RAPBD) versi DPRD, usulan anggaran siluman ini diketahuinya dengan menggunakan sistem e-budgeting.

Lampiran :

Flowchat Sistem E-Budgeting Surabaya

A. Alur Awal

Alur

B. Alur Revisi

Revisi

.

Referensi :

[1] “Sistem E-Budgetting” . http://ahok.org/   .   2015.

[2] “Electronik Budgetting”.    http://beritajakarta.com/   .   2015.

[3] Alur awal dan Alur Revisi.  https://budgeting.surabaya.go.id/new_portal/  .  2015.

[4] “Asal Usul Penerapan Sistem e-Budgeting di Pemprov DKI”. http://news.liputan6.com/read/2189524/asal-usul-penerapan-sistem-e-budgeting-di-pemprov-dki . 2015.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s