Tugas Sunnah 2 : “Unity 3D” Engine Game yang Powerful

Bahasa Indonesia 2 #

Nama : Fajar Nurhakim (12112722)

Kelas : 3KA03

.

Unity 3D adalah sebuah game engine yang berbasis cross-platform. Unity dapat digunakan untuk membuat sebuah game yang bisa digunakan pada perangkat komputer, ponsel pintar android, iPhone, PS3, dan bahkan X-BOX.

Unity adalah sebuah sebuah tool yang terintegrasi untuk membuat game, arsitektur bangunan dan simulasi. Unity bisa untuk games PC dan games Online. Untuk games Online diperlukan sebuah plugin, yaitu Unity Web Player, sama halnya dengan Flash Player pada Browser.

Unity tidak dirancang untuk proses desain atau modelling, dikarenakan unity bukan tool untuk mendesain. Jika ingin mendesain, pergunakan 3D editor lain seperti 3dsmax atau Blender. Banyak hal yang bisa dilakukan dengan unity, ada fitur audio reverb zone, particle effect, dan Sky Box untuk menambahkan langit.

Fitur scripting yang disediakan, mendukung 3 bahasa pemrograman, JavaScript, C#, dan Boo. Flexible and EasyMoving, rotating, dan scaling objects hanya perlu sebaris kode. Begitu juga dengan Duplicating, removing, dan changing properties. Visual Properties Variables yang di definisikan dengan scripts ditampilkan pada Editor. Bisa digeser, di drag and drop, bisa memilih warna dengan color picker. Berbasis .NET. Artinya penjalanan program dilakukan dengan Open Source .NET platform, Mono.

Learning the Interface-0

Gambar diatas menampilkan lembar kerja dari unity 3.5. versi gratis. Pada setiap project Unity terdapat sebuah Assets folder. Isi dari Assets folder ditampilkan dalam bentuk panel project dalam editor unity. Assets folder adalah tempat untuk menyimpan semua komponen dari game seperti tingkatan game (level scenes), scripts, 3D models, teksture, dan file audio.

Untuk menambahkan assets ke dalam project, cukup dengan menarik (drag) file yang ingin ditambahkan ke dalam panel project. Atau dengan memilih menu Assets->Import New Asset. Untuk membuat scene baru, gunakan tombol Control-N (pada keyboard). Untuk menyimpan scene yang sedang aktif, gunakan Control-S (pada keyboard).

Panel Hierarchy menampung semua GameObject yang terdapat di Scene yang sedang aktif. Beberapa dari GameObject tersebut berhubungan langsung ke asset seperti objek 3D. Objek yang terdapat pada hierarchy dapat di seleksi dan dihapus. Jika objek dihapus atau ditambahkan pada scene, maka objek tersebut juga akan hilang atau muncul pada hierarchy.

Unity menggunakan sebuah konsep yang disebut Parenting. Ini digunakan untuk membuat sebuah GameObject menjadi anak dari GameObject yang lain. Tarik sebuah gameobject dan pindahkan tepat di atas tulisan gameObject yang akan dijadikan parent dalam hierarchy. GameObject yang terdapat dalam sebuah gameObject lainnya akan mengikuti perpindahan dan perputaran ketika gameObject parent mengalami perubahan posisi.

.

Referensi :

[1] Unity3D: Cross-Platform Game Engine. http://blog-habibie.blogspot.com/2012/04/unity3d-cross-platform-game-engine.html. 10 Mei 2015.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s