Tugas Sunnah 1 : Pengalaman Berorganisasi (Part 1)

Bahasa Indonesia 2 #

Nama : Fajar Nurhakim (12112722)

Kelas : 3KA03

.

Pengalaman Berorganisasi

SD dan SMP

Assalamu’alaikum, pagi.

Oke karena ini sifat tugasnya sunnah dalam artian boleh dikerjakan boleh juga tidak, jadi gaya bahasanya mungkin di mix sunda-indonesia-gaul dan gak jelas, biar bacanya udah seperti lagi ngobrol gitu, hhe🙂

Cerita bermulai ketika gue masuk semester 3, dimana gue baru mendapat jawaban dari pertanyaan yang cukup lama jadi misteri “Sebenernya hobi gue apa ?” #udahGituAja.

Et jangan salah, mungkin buat sebagian orang ini hal sepele, tapi buat gue bener-bener misteri. Jadi gini dulu waktu SMA gue punya hobi sulap sampe mendirikan forum sulap dengan anggota yang ikut bergabung cukup fantastik.

Dua tahun berlalu, gue ganti hobi baru ke dunia editing video dan lagi-lagi gue mendirikan forum Film, satu tahun berlalu gue punya hobi baru lagi di dunia model 3D dan setelah itupun masih ganti hobi baru ke dunia pemrograman dan sama seperti sebelumnya, gue mendirikan sebuah organisasi setiap gue punya hobi yang baru.

Gue sendiri sampe lupa hobi gue yang dulu semenjak gue masih di Sekolah Dasar dan saat itu gue mulai berpikir “Hobi gue sebenernya apaan ?”.

Nah di semester tiga akhirnya gue sadar kalo hobi gue sebenarnya hanya satu “Berorganisasi”, jawaban ini gue dapat ketika belajar tentang kepemimpinan dan manajemen organisasi di jurusan Sistem Informasi. Dari situ gue makin sadar ketika mencoba mengingat organiasi apa aja yang pernah gue ikutin.

.

1. Tim Sepak Bola 

SD Kelas tiga, salah satu sekolah dasar yang berada di pedalaman Bandung barat, ya disinilah awal gue berorganiasi, bergabung dengan salah satu tim sepak bola untuk menghadapi kejuaraan sepak bola antar SD daerah *sensor*.

Meskipun pelatih memberikan posisi sebagai Back atau penjaga belakang, gak ada rasa kecewa meskipun sebenarnya gue bisa sebagai penyerang karena gue dijuluki “si kaki besi”, meskipun ada orang yang mau mengambil bola dengan cara yang kasar, tetap saja kaki gue selalu menang kalo masalah tubrukan kaki X bola X Kaki.

Uniknya, ketika jadi Back gue jadi mengerti alur dan pola serangan lawan, siapa yang akan finishing, yang memberi umpan dan lainnya, dan ketika istirahat di sinilah awal mula memberi masukan dan saran ke pelatih seperti halnya yang selalu dilakukan di dalam sebuah organisasi.

satu tahun berlalu, gue mendirikan TIm sepak bola khusus untuk lomba dan latih tanding antar kampung, Alhamdulillah gue dipilih menjadi seorang kapten dengan posisi tetap sebagai penjaga belakang “Back”. Dan di sini juga awal gue belajar yang namanya memenej Tim, meski dulu itu gak tau kalo hal yang gue lakukan adalah salah satu perilaku organiasasi sebagai manager.

.

2. Organisasi Pasar

Gue bingung ngasih nama subbabnya apaan, jadi gini, bermula pas masuk kelas 5 SD, gue sama 4 temen gue merencanakan akan berjualan di sekolah, sekalian sekolah sekalian nambah uang saku kan😀, sebenarnya ketika kelas 2 SD pun gue udah mulai berjualan, dengan menggunakan semua uang jajan untuk membeli plastik gelembung 1 ikat, lalu gue menjualnya 10 buah plastik dengan harga Rp. 200 dengan penghasilan bersih kira-kira 1-2 ribu😄.

Oke lanjut yang tadi, kita berlima mulai merencanakan apa yang akan dijual, yang pertama adalah gorengan , gue lupa jenis gorengan apaan, yang pasti sekarang gue udah jarang lihat. kita mulai berbagi tugas, dari yang memegang kotak pelastik bungkusan dan saos, mengatur uang, 2 orang memegang pelastik gorengan dan gue sendiri sebagai yang mempromosikan makanan, karena gue yang paling cerewet waktu SD.

kita berlima mulai menjajakan makanan dari mulai kelas 1 sampai kelas 6 , tapi kami belum berani masuk ke ruangan guru, karena mindset yang kami yakini kalo ruang guru adalah ruang paling horor di sekolah😄.

.

3. Si Bolang (Reumasil)

Reumasil bukan nama merk obat ya, Reumasil kependekan dari Reumaja Anak Sirnagalih, nah Sirganalih tuh nama kampung dimana gue lahir dan dimana gue tumbuh besar😀

Nama ini bukan gue yang mengusulkan , melainkan sahabat deket gue sekaligus teman pertama gue. nah terus apa yang dikerjakan Reumasil ?

Jadi kami hanyalah sekumpulan anak-anak yang suka dengan petualangan, dimulai dari menyelusuri hutan , pegunungan, Sungai dan daerah-daerah yang memang menarik untuk dijadikan sebagai tempat berpetualang.

Apa yang didapat dari organisasi ini ? Kerjasama, Kebersamaan, Solidaritas.

.

4. Pramuka

Tidak banyak yang bisa diceritakan, pertama kali mengikuti pramuka kelas satu salah satu smp di Bandung, gue bergabung hanya sekitar 4 bulan saja, alasannya karena saya harus pindah sekolah.

Di pramuka gue dilatih untuk kuat dalam keadaan apapun, singkat cerita setelah sekitar 3 bulan bergabung dengan pramuka diadakan acara pelantikan untuk anggota baru, disini gue berkelompok 5 orang dengan posisi nomor urut grup ke-2 dari belakang.

Pelantikan dilakukan dengan sistem 10 menit sekali satu grup mulai berjalan menuju tempat yang sudah ditentukan yang pasti akan ada banyak rintangan di dalamnya😄

Nah ketika bagian kami yang berangkat, kami mendapat petunjuk dari salah satu pendamping untuk memperhatikan jalan karena ada kode-kode yang bisa menjadi acuan agar lebih cepat menuju tempat tujuan. Salah satunya adalah ketika di jalan pertigaan yang kecil ada satu petunjuk menggunakan kapur untuk memberi arah yang benar.

Salah satu anggota kami, ntah apa yang dia pikirkan dia berencana menghapus petunjuk itu, padahal masih ada satu grup lagi yang belum berangkat. gue dan ketua grup sudah mencoba untuk melarangnya, tapi dia tetap melakukan, dan kami dengan muka seolah tidak punya salah melanjutkan perjalanan.

Akhirnya semua grup bertemu di tempat yang sudah ditentukan, namun naas satu jam setelah grup kami sampai, tidak ada tanda-tanda grup terakhir muncul, akhirnya para pembina menyebar untuk mencari, setelah bebrapa lama akhirnya mereka ditemukan kesasar ke tempat yang malah jauh dari tujuan.

Akhirnya kami mengaku dan meminta maaf pada semuanya, karena di pramuka ada sikap yang harus ditegakkan dalam diri yaitu “ta ci pa pa re ra he di be su”, salah satu maknanya adalah “kejujuran”.

.

5. ROHIS

Setelah pindah dari smp sebelumnya, akhirnya resmi menjadi salah satu siswa SMP Yayasan.

Kelas 2 SMP di salah satu Yayasan Pendidikan Islam di Indonesia, tepatnya di YPII Cililin awal mula saya bergabung dengan sebuah organisasi. Sebelum saya masuk ke dunia organisasi, saya mengikuti lomba Dakwah Bahasa Sunda yang diselenggarakan oleh ekskul ROHIS (Rohani Islam) SMP YPII.

Alhamdulillah saya mendapat juara 2 dari lomba tersebut, prestasi yang saya dapat ini, menarik perhatian Pembina ROHIS dan mengajak saya untuk menjadi anggota ROHIS, meskipun pada awalnya saya tidak berniat berorganisasi, tapi tidak ada salahnya mencoba hal baru dalam hidup yang cuma sekali ini.

Wawancara telah dilaksanakan, tes telah dilalui dan akhirnya resmi masuk ke dalam organisasi saya yang pertama, Organisasi di Bidang Keagamaan. Dalam organisasi tersebut saya dipercaya menjadi pemateri agama di acara-acara sekolah, sampai suatu hari saya diundang untuk menjadi pemateri pada acara yang diselenggarakan oleh suatu organisasi dimana tempat tersebut adalah tempat saya menuntut ilmu Agama, serentak jadi grogi karena di tempat acara dilaksanakan saya akan bertemu dengan Guru Agama saya dan beliau akan menyaksikan saya berdakwah.

Dalam hati saya niatkan “Ini adalah Ujian dan Tantangan, harus bisa memberikan yang terbaik kepada sekolah dan tentunya kepada Guru saya”. Dan Alhamdulillah meskipun sempat gerogi dan banyak kata yang diulang-ulang, saya bisa memberikan yang terbaik.

Selain kegiatan di atas, ROHIS juga memiliki kegiatan lain yang mengajak semua siswa-siswi YPII, yakni tes hapalan dan tes membaca Al-Qur’an untuk semua kelas 1 dan kami para anggota ROHIS diberi kepercayaan untuk memberikan tes kepada semua anak kelas 1.

Tinggalkan Balasan

