Tugas Mandiri 3 : Bahasa Indonesia 1 #

Nama : Fajar Nurhakim (12112722)

Kelas : 3KA03

Tugas : Tugas ke-3 (Resensi Buku)

.

———————————————————————Buku Ke-1——————————————-

.

28558-the_billionaire_code

IDENTITAS BUKU

Judul Buku                  : The Billionaire Codes

Penulis                         : Bong Chandra, Pierre Senjaya

Penerbit                       : PT Gramedia Pustaka Utama

Cetakan                       : 2, 2013

Tebal                           : 247 halaman

 .

PENULIS

Bong Chandra adalah seorang Enterpreneur muda yang sukses di bidang properti sebagai develover. Pada usianya yang ke-22, Bong Chandra telah berhasil membangun proyek perumahan pertamanya seluas 5 hektare dengan nilai investasi Rp180 miliar.

Pierre Senjaya adalah seorang Enterpreneur yang mendedikasikan hidupnya dalam bidang educaion dan training. Telah berpengalaman selama 17 tahun sebagai praktisi dan konsultan pendidikan di berbagai foundation & corporate baik di Indonesia maupun negara-negara lainnya . Beliau juga menjabat sebagai Director Stella maris International School, Chairman AsiaOne Consultant dan CEO Success Academy yang merupakan intuisi pertama di Indonesia.

.

PENDAHULUAN

Buku “The Billionaire Codes” adalah buku yang mengunggah sekaligus menggugat masyarakat Indonesia agar tidak cepat puas dengan segala sumber daya alam yang melimpah dan mencari jalan pintas melalui praktik-praktik tidak terpuji seperti korupsi dan sebaginya. Buku ini sangat berguna dan aplikatif bagi semua jenjang umur, strata pendidikan, aneka latar belakang dan passion.

.

SINOPSIS

Bila kita mendalami kisah-kisah pengusaha sukses dunia, maka kita bisa pelan-pelan menarik sebuah benang merah, mulai dari Steve Jobs, Walt Disney, Steven Spielverg sampai Bill gates memulai bisnis mereka dengan passion yang begitu besar yang mereka terjemahkan dalam bentuk visi. Visi adalah kunci utama yang sangat penting  karena visi berfokus pada pada kekuatan yang kita miliki.

Pertama kita melihat bahwa kemampuan mempunyai visi jauh ke depan dan menciptakan sesuatu yang berguna menjadi karakteristik tipe visioner. Selain itu sikap berpikir positif adalah langkah pertama yang paling penting. Langkah kedua adalah menajamkan pikiran yaitu menyadari bahwa otak bekerja dengan cara memproses data yang masuk sehingga kita lebih sadar mengenai kebutuhan kontinu akan data dan fakta. Langkah berikutnya adalah present, yaitu bagaimana kita bisa berfokus memperhatikan dan secara aktif hadir dalam situasi pertemuan, pembicaraan dan tatap muka yang sedang berlangsung.

Kunci kesuksessan yang lain seperti yang dikatakan oleh Sandiaga Uno adalah Keberanian dan Optimisme , keberanian untuk mencoba dan tidak takut akan kegagalan adalah kunci terpenting menuju sukses.

Rahasia kesuksesan lain antara lain :

Leaders Driven Enterprise

Managing by Values

The Power of Team Synergy

People fokused Excecution

Winning Spirit

Human Empathy

.

IKHTISAR

Indonesia mempunyai potensi yang sangat besar untuk menjadi negara berkembang dengan pesat, menyusul negara-negara tetangganya. Ini terbukti dari lahirnya pengusaha-pengusaha sukses di Indonesia yang telah mengabdikan diri untuk mengharumkan nama bangsa baik dalam negeri maupun luar negeri. Fakta ini tak dapat dipandang  sebelah mata. Berapa banyak pengusaha di indonesia yang mempunyai pengaruh penting bagi perekonomian negara ? para pengusaha sukses menciptakan ribuan lapangan pekerjaan inilah yang menjadi salah satu motor penggerak untuk mewujudkan Indonesia menjadi negara mandiri dan mapan.

.

KELEBIHAN

  1. Materi beserta contoh ada di dalamnya
  2. Praktek dengan gambar
  3. Terdapat indeks untuk kata-kata yang sulit dimengerti.

 .

KEKURANGAN

Ada beberapa gambar yang sudah pernah dipublish dan diedarkan di internet maupun sosial media, kurangnya gambar yang bersifat original.

.

——————————————————————–Buku Ke-2————————————————-

8-5384d24fd96a5

IDENTITAS BUKU

Judul Buku                  : Manajemen Proyek Sistem Informasi

Penulis                         : Rudy Tantra

Penerbit                       : Andy Yogyakarta

Cetakan                       : 1, 2012

Tebal                           : 312 halaman

 .

PENULIS

Rudi tantra adalah Project Management Specialist di DataDigi Group, sebuah kelompok usaha yang berfokus dibidang penyediaan solusi terintegrasi untuk bisnis Ritel dan Restaurant, dengan klien yang tersebar diseluruh Indonesia. Dalam tugasnya ia menangani berbagai proyek sistem informasi di perusahaan-perusahaan jaringan ritel maupun restaurant, sekala menengah dan besar. Karirnya dimulai sebagai programmer dan menjadi anggota tim proyek pengembangan apikasi bisnis di berbagai  perusahaan tempatnya bekerja. Pengalamannya berkembang seiring dengan penugasan sebagai bagian dari im proyek, baik sebagai programmer, analis sistem, arsitek sistem dan manajer proyek. Rudy menempuh pendidikan formal di jurusan Teknik Informatika Bina Nusantara dan memiliki beberapa sertifikasi di bidang teknologi dan Sistem Informasi.

 .

PENDAHULUAN

Buku “Manajemen Proyek Sistem Informasi” ini hadir sebagai solusi jitu dan komplit. Buku ini berisi seluruh materi perkuliahan Sistem Informasi manajemen, yang sudah dilengkapi dengan fase-fase penerapan manajemen proyek sistem informasi modern yang terkini dan disertakan pula pengalaman-pengalaman penulis yang masih aktif di bidang sistem informasi manajemen dan teknologi informasi.

.

SINOPSIS

Tujuan utama manajemen proyek adalah agar proyek dapat dilaksanakan dengan efisien, tepat waktu, dan mencapai hasil yang diinginkan. Seringkali proyek menjadi berlarut-larut dan akhirnya harus mengalami penjadwalan ulang. Oleh karena itu peran perencanaan dalam suatu proyek sangatlah penting.

Dalam sebuah proyek sistem informasi yang efektif, manajer proyek selalu berfokus pada 4P, yaitu people, product, process, dan project.

Perencanaan proyek adalah bagian dari manajemen proyek yang berhubungan dengan pembagian, pengalokasian, dan penjadwalan pekerjaan dalam lingkup proyek. Tujuan perencanaan proyek adalah untuk menyediakan suatu kerangka kerja bagi manajer proyek agar dapat menyusun estimasi yang baik untuk kebutuhan sumber daya, biaya dan jadwal.

 .

IKHTISAR

Sistem informasi dibentuk dalam dua suku kata yaitu Sistem dan Informasi, dimana Sistem adalah entitas atau satuan yang terdiri dari dua atau lebih komponen yang saling terhubung dan terkait untuk mencapai tujuan.

Informasi dapat dipahami sebagai pemrosesan inputan yang terorganisir, memiliki arti dan berguna bagi orang yang menerimanya.

Sistem Informasi sendiri merupakan pilar dari proses bisnis bagi perusahaan yang terkait. Sistem informasi dapat bersifat formal maupun informal.

 .

KELEBIHAN

  1. Sudah termasuk penerapan dari materi di dalamnya
  2. Buku ditulis sesuai pengalaman penulis
  3. Terdapat indeks untuk kata-kata yang sulit dimengerti.

 .

KEKURANGAN

Pada buku ini , penulis lebih fokus pada materi berbentuk tulisan, dan kurangnya pemahaman dalam segi implementasi aplikasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s