Tugas Mandiri : Bahasa Indonesia 1 #

Nama : Fajar Nurhakim (12112722)

Kelas : 3KA03

Tugas : Tugas ke-1

.

10. Buatlah paragraf analisis ekspositoris yang disusun dengan induksi ilmiah.

jawab:

Cantapro adalah sebuah komunitas yang didirikan pada tahun 2013 dan mulai berjalan pada pertengahan 2014, selain tempat untuk belajar bersama, cantapro juga sebagai tempat untuk menggali dan mengasah kemampuan dalam bidang pemrograman aplikasi.

Pada dasarnya cantapro berkonsep pada pembuatan sebuah aplikasi yang dikhususkan pada pembuatan game, di awal perkumpulan, organisasi ini tidak langsung berfokus pada pembuatan game melainkan berfokus untuk mempelajari dasar-dasar pembentukan sebuah game seperti pemodelan, perintah-perintah dalam bahasa pemrograman dan sistem desain, maka akan terbentuk sebuah game yang baik.

Ada tiga divisi yang membangun cantapro, yaitu :

  1. Programming

Divisi ini membahas dan mempelajari bahasa-bahasa pemrograman khususnya Java, MySql dan Android.

  1. Desain Grafis

Membahas materi tentang pemodelan 3 dimensi, divisi ini memfokuskan pada beberapa aplikasi yaitu : 3DS MAX dan Blender (aplikasi untuk membuat model 3D), Unity 3D (aplikasi untuk membuat model dan desain game 3D)

  1. Sistem Analis

Keahlian menganalisa masalah dan mencari solusinya adalah dasar analis sistem, selain itu analis sistem harus bisa membuat sebuah desain sistem dari sebuah aplikasi,  divisi ini mempelajari tentang Flowchart, UML (starUML), ERD, Teori Kepemimpinan dan Aplikasi untuk Mendesain Sistem.

Organisasi ini punya visi dan misi yang harus dikejar, namun begitu selain visi-misi bersama, di dalamnya terdapat misi perorangan seperti tempat untuk belajar seseorang untuk mengerjakan tugas PI dan skripsi kelak, di dalam organisasi ini semua saling membutuhkan dan saling bekerjasama untuk mencapai suatu tujuan.

Cantapro atau Cantaloups’ Programming Organization akan menjadi wadah untuk siapa saja yang ingin mengetahui seluk beluk dalam pembuatan sebuah game dan yang ingin memulai karir sebagai game developer.

.

9. Buatlah paragraf dengan penalaran sebab-akibat, kesimpulan induktif, kesimpulan berupa perkiraan.

Jawab:

Sudah lulus kuliah, tapi belum bekerja ? mungkin ini adalah kalimat yang sering terucap dari masyarakat tentang sarjana lulusan universita yang belum bekerja, ternyata keadaan yang menimpa lulusan seperti ini ada beberapa penyebab yang menglatarbelakangi, seperti tidak memahami materi, tidak mengikuti organisasi sebagai daras softskill, jarang mengerjakan tugas dan kecendrungan lebih banyak bermain yang akhirnya membuat para lulusan sarjana tidak memiliki kemampuan yang diharrapkan oleh perusahaan, untuk itu dengan mencoba merubah kebiasan buruk menjadi kebiasaan baik, memungkinkan untuk mengurangi pengangguran di Indonesia khususnya untuk para lulusan sarjana.

.

8. Buatlah kalimat deduktif dengan kesimpulan inferensi.

jawab :

Menurut Bong Chandra dalam bukunya yang berjudul “The Science Of Luck”, hari terburuk seseorang dapat diubah menjadi hari terbaik, salah satu caranya adalah dengan metode rusak pola, cara ini terbukti karena langsung merusak pola pikiran seseorang dan menciptakan pola baru untuk hidup lebih baik, dalam bukunya banyak tesmonial orang-orang yang mempraktekan metode ini.

.

7. Buatlah paragraf induktif dengan kesimpulan implikasi.

jawab:

Di Indonesia, dimana kemiskinan dan kelaparan memuncak setiap tahunnya, kemiskinan memberikan dampak negatif untuk semua kalangan, seperti menimbulkan kriminalitas, pencurian, penjualan ilegal. Selain itu rasa takut muncul dari masyarakat, seperti takut keluar rumah dikarenakan adanya pencurian, perampokan dan penculikkan.

Salah satu sebab kemiskinan di Indonesia adalah adanya penyelewengan dana dan korupsi yang sangat tinggi di Indonesia, sehingga dana yang seharusnya diterima oleh masyarakat untuk membangun masyarakat lebih baik terhenti akibat tidak tersalurkannya sumber dana dari pemerintah.

Maka dengan memberantas para koruptor, kemiskinan akan semakin berkurang. Namun cara ini pun masih memiliki kelemahan, seperti penyuapan dari pihak koruptor kepada pihak lain, dengan begitu perlu ditekankan pentingnya pendidikan agama kepada semua masyarakat khususnya pelaku korupsi dan bisa diyakinkan mereka yang memiliki ilmu agama yang baik akan terhindar dari tindakan yang merugikan orang lain.

.

6. Buatlah paragraf yang dimulai proposisi berikut.

jawab :

  1. Jika tekad sudah bulat, Indonesia pasti dapat mengembangkan industri mobil dalam negeri, dengan begitu pelatihan mendasar perlu ditetapkan untuk anak-anak dimulai sejak kecil khususnya untuk sekolah kejuruan, selain itu pentingnya partisipasi dari pemerintah untuk lebih melihat potensi anak-anak Indonesia, dengan begitu dari kecil mereka sudah terbiasa memahami apa yang harus mereka lakukan, khususnya yang berbakat dalam dunia transfortasi.
  2. Setiap orang berakhlak pasti antikorupsi. Mereka sudah terlatih untuk mengatur dan mendisiplinkan dirinya sendiri yang membuat mereka tau mana yang baik untuk dia sendiri dan orang lain.

.

5. Buatlah paragraf induktif yang diakhiri dengan kalimat proposisi positif universal.

jawab:

Manusia hidup di dunia ini hanya sementara, ada waktu dimana semua makhluk akan kembali ke asalnya dimana semua yang kita kerjakan akan mendapatkan balasan, namun begitulah manusia, ada yang mengikuti aturan agama, dimana setiap apa yang dia kerjakan bernilai ibadah, selalu ingat kepada Allah, menjalankan apa yang Allah perintahkan dan menjauhi apa yang Allah haramkan. Ada pula orang yang tidak mengikuti agama dengan tidak menajalankan apa yag diperintahkan Allah serta senang berbalut dalam dosa. Dan hanya mereka yang mengikuti aturan agama sajalah yang akan menempati dan mendapat predikat sebagai penduduk Surga.

.

4. Tentukan : 1. proposisi, 2. penalaran yangdigunakan, 3.pembuktian, 4. hasil pembahasan, 5. jenis kesimpulan. Dan buat contoh paragraf dengan topik yang sesuai bidang studi, keahlian atau profesi anda.

jawab:

  1. Proposisi Empirik
  2. Penalaran Induktif
  3. “Kecepatan 100 kilometer per jam dari posisi berhenti dicapainya dalam waktu 6 detik”
  4. “Mobil seharga Rp. 855 juta itu seakan menawarkan kenyamanan, kemewahan dan keperkasaan”
  5. Kesimpulan Implikasi

Contoh Paragraf :

Sebagai seorang mahasiswa, saya dituntut untuk mencari ilmu bukan hanya dari dosen ketika di kelas, tetapi diharuskan mencari dari sumber-sumber yang lain seperti organisasi, saya mulai mengikuti organisasi yang sesuai dengan hobi saya di kampus dan luar kampus sampai akhirnya saya bisa mendirikan organisasi saya sendiri. Sumber ilmu lainnya yaitu internet, hanya dengan bermodal internet saya mencari banyak referensi dan ilmu pengetahuan di bidang Game Develover, dengan belajar secara otodidak saya mulai mengerti bagaimana konsep sebuah game bisa dibuat dan dieksekusi. Jejaring sosial media adalah sumber lain yang bisa digunakan untuk mencari ilmu, kita bisa bertemu dengan orang-orang yang memang sudah ahli di bidangnya yang bisa memberi kita pengetahuan baru meskipun tidak pernah bertemu secara langsung.

Dari ketiga sumber itu saya akhirnya mendapatkan pengetahuan baru yang tidak dibahas ketika di kelas dan yang paling utama pengetahuan saya dalam dunia Game Develover bertambah.

.

3. Tentukan jenis proposisi dari kalimat.

jawab :

  1. Proposisi Empirik
  2. Empirik
  3. Mutlak
  4. Kategoris
  5. Positif Universal
  6. Hipotetik
  7. Hipotetik
  8. Positif Parsial
  9. Negatif Parsial
  10. Negatif Universal

.

2. Sebutkan unsur-unsur yang membentuk sebuah karangan.

jawab :

Topik, Dasar Pemikiran, Proposisi, Proses Berpikir Ilmiah, Logika, Sistematika, Permasalahan, Variabel, Analisis, Pembuktian, Hasil, Kesimpulan.

.

1. Jelaskan pengertian penalaran karangan

jawab :

Penalaran Karangan adalah suatu proses berpikir manusia untuk menghubung-hubungkan data atau fakta yang ada dari sebuah karangan sehingga sampai pada suatu simpulan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s