Seminar “The Science of LUCK”

Teori Organisasi Umum 1

Nama : Fajar Nurhakim (12112722)
Kelas : 2KA03
Tugas : Membuat Tulisan Bebas  ke-3

.

.

               Sering diantara kita mendapat kisah yang baik atau buruk dalam kehidupan sehari-hari, seperti kisah berikut ini :

               Seorang wanita muda terbangun dari tidurnya, ia kaget ketika melihat jarum pendek sudah menunjuk angka 9, lalu ia bergegas bersiap-siap karena tahu akan telat pergi ke kantor, karena terburu-buru ketika ia turun dari ranjang ia terpeleset dan terjatuh. tanpa menghiraukan kejadian tersebut ia langsung pergi ke toilet, apa yang terjadi ? ketika  akan menggosok gigi, ternyata pasta giginya sudah habis, akhirnya ia niatkan tidak menggosok gigi dan mandi kilat, selesai bersabun tiba-tiba air keran macet dan berhenti. Akhirnya dengan persiapan seadanya ia pun berangkat menuju kantor, ketika di jalan ternyata ia sudah ketinggalan bus, lalu berusaha mengejarnya, dalam perjalanan mengejar bus, tiba-tiba hujan datang, seketika ia pun berteduh di halte bus, namun sebuah mobil dengan kecepatan tinggi mencipratkan genangan air di jalan sehingga seluruh tubuh wanita ini basah kuyub. Sesampainya di kantor wanita ini kaget melihat papan pengumuman yang bertuliskan “HARI INI LIBUR”, ternyata hari itu adalah hari minggu.

               Kisah ke-2 adalah kisah dimana sangat berlawanan dengan kisah pertama, dimana seorang wanita yang terbangun dari tidurnya, begitu ia terbangun dari tidurnya wanita ini sudah dikagetkan dengan sesuatu yang sangat  romantis, hampir seluruh ranjangnya dipenuhi oleh ratusan bunga yang indah. Setelah sepenuhnya terbangun wanita ini juga menemukan sebuah kotak yang berisi cincin berlian beserta sepucuk surat cinta. Tidak lama setelah itu seorang teman meneleponnya untuk membayar hutang yang sudah lama dipinjam. Sepanjang hari tersebut wanita ini selalu melewati setiap waktu dengan keberuntungan.

.

A. Semua Berawal Dari Pola

               Apakah anda pernah memiliki sebuah kaset yang berisi lagu-lagu ? Kira-kira apa yang terjadi apabila anda mengeluarkan pita kaset lalu anda menggosok-gosoknya atau menggoresnya dengan sebuah pisau, apa yang terjadi ? ya ! kaset tersebut tidak akan mengeluarkan lagu melainkan suara yang aneh bila diputar. Hal ini terjadi karena pola pada kaset tersebut telah rusak akibat goresan dari pisau tadi.

Nasib Buruk Bisa Diubah Secara Ilmiah

                Kuncinya adalah sebuah “POLA”. Kejadian buruk yang dialami wanita pada kisah pertama merupakan sebuah pola. Semakin kita mengalir mengikuti sebuah pola (baik atau buruk), semakin sulit kita keluar dari pola tersebut.  Hal yang harus kita lakukan adalah merusak pola tersebut (menggores pita kaset dengan pisau) dengan melakukan hal lain yang tidak berhubungan.

  1. Lakukan hal ekstrem (positif) yang tidak berhubungan.

Suatu ketika anda sedang berbincang-bincang dengan seorang teman, saat anda sedang berbicara tiba-tiba sebuah “PETIR” menggelegar dengan sangat keras, suara petir yang begitu mengagetkan langsung memotong dan menghentikan percakapan, setelah rasa kaget mulai hilang,  anda memutuskan untuk melanjutkan percakapan, namun apa yang terjadi ? anda benar-benar lupa topik yang dibicarakan.

Kenapa tiba-tiba kita lupa topik yang sedang dibicarakan ? itu terjadi karena pola kita telah dirusak oleh sesuatu yang ekstem (PETIR). Banyak hal ekstrem (positif) yang bisa dilakukan untuk merusak pola seperti : Mandi air yang sangat dingin, Main game, menyetel musik dengan keras, masak , tidur dan banyak lagi yang lainnya.

  1. 2. Lakukan dengan cepat

Kecepatan akan membuat kesempatan kita untuk berpikir semakin kecil. Apabila sedang terjebak dalam pola mood yang buruk, rusaklah pola dengan sesuatu yang cepat seperti  Lari Pagi. Sesuatu yang dilakukan dengan cepat akan membuat otak kita sulit untuk berkonsentrasi pada pola lama, inilah kesempatan terbaik untuk memasukan pola baru yang lebih positif.

  1. 3. Ganti Suasana

Suasan memegang andil dalam pembentukan suatu pola. sama halnya yang terjadi dikota besar Jakarta. Banyak penduduk Jakarta yang memiliki tingkat stress yang sangat tinggi, hal ini disebabkan suasana polusi, macet dan banjir, dalam keadaan stress dan penat kita akan sulit sekali mendapatkan sebuah ide. Maka cara yang sangat efektif untuk memunculkannya adalah pergi bertamasya ke luar kota untuk menganti suasana.

  1. 4. Ubah gerakan Anda

Bayangkan siang ini anda sedang tidur siang setengah sadar, apa yang anda rasakan ? semakin anda lama berbaring di ranjang makan semakin anda tidak bertenaga yang berujung kemalasan dan sulit untuk bangun, namun ketika anda memaksakan diri untuk bangun, beranjak dari ranjang dan berdiri seketika rasa malas itu benar-benar hilang.

Kenapa tiba-tiba rasa malas itu hilang seketika ? jawabannya ada pada gerakan tubuh. Gerakan pada saat kita tidur merangsang otak untuk bermalas-malasan, lain halnya jika dengan berdiri, melompat dan berjalan. Otak kita merespon informasi melalui gerakan tubuh kita. Jadi bila kita ingin merubah pola lama, ubahlah gerakan tubuh anda.

.

.

B. Menderita Menjadi Nomor 2

               Salah satu prinsip yang dipegang oleh Bong Chandra adalah “Seseorang akan menjadi nomor 1 apabila ia menderita menjadi yang nomor 2” 

Rasa Layak Diciptakan oleh Diri Sendiri

               Pada dasarnya ada 4 cara bagaimana agar anda dapat menciptakan rasa layak dalam diri anda.

  1. Rasa layak ditentukan oleh apa yang anda pikirkan

Berpikirlah bahwa anda sudah berada di posisi yang anda inginkan, yakinilah bahwa seakan-akan anda sudah berada di tempat yang anda impikan.

  1. 2. Rasa layak ditentukan oleh apa yang anda katakan

Jika anda diberi sebuah gelas anda tidak boleh tau apa isinya, lalu ketika anda menungkan isi dari gelas tersebut keluarlah cairan kopi dari sana. kira-kira apa isi dari gelas ttersebut ? tentu saja kopi !. karena apa yang dikeluarkan gelas sama dengan apa yang ada di dalamnya.

Demikian juga dengan kata-kata kalimat yang keluar dari mulut mencerminkan isi dari hati kita, maka dari itu berkata-katalah yang baik dan positif.

  1. 3. Rasa layak ditentukan oleh apa yang anda pakai
  1. 4. Rasa layak ditentukan oleh apa yang anda tentukan

Untuk menciptakan keberuntungan, kita betul-betul harus merasa layak untuk mendapatkannya. Dan rasa layak tidak diciptakan sekedar di dalam pikiran kita, ataupun sekedar dengan kata-kata yang kita ucapkan, tetapi juga diciptakan lewat apa yang kita lakukan dan apa yang kita kerjakan sehari-hari.

.

.

NB : untuk lebih lengkapnya silahkan beli bukunya di toko buku terdekat.

Dikutip dari buku karangan Bong Chandra “The Science Of Luck”.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s