Aku dan Organisasi

Teori Organisasi Umum 1

Nama : Fajar Nurhakim [12112722]

Kelas : 2KA03

Tugas : Menceritakan pengalaman berorganisasi (tugas ke-1)

.

Pengalaman Berorganisasi

A. ROHIS (Rohani Islam)

Kelas 2 SMP di salah satu Yayasan Pendidikan Islam di Indonesia, tepatnya di YPII Cililin awal mula saya bergabung dengan sebuah organisasi. Sebelum saya masuk ke dunia organisasi, saya mengikuti lomba Dakwah Bahasa Sunda yang diselenggarakan oleh ekskul ROHIS (Rohani Islam) SMP YPII.

Alhamdulillah saya mendapat juara 2 dari lomba tersebut, prestasi yang saya dapat ini, menarik perhatian Pembina ROHIS dan mengajak saya untuk menjadi anggota ROHIS, meskipun pada awalnya saya tidak berniat berorganisasi, tapi tidak ada salahnya mencoba hal baru dalam hidup yang cuma sekali ini.

Wawancara telah dilaksanakan, tes telah dilalui dan akhirnya resmi masuk ke dalam organisasi saya yang pertama, Organisasi di Bidang Keagamaan. Dalam organisasi tersebut saya dipercaya menjadi pemateri agama di acara-acara sekolah, sampai suatu hari saya diundang untuk menjadi pemateri pada acara yang diselenggarakan oleh suatu organisasi dimana tempat tersebut adalah tempat saya menuntut ilmu Agama, serentak jadi grogi karena di tempat acara dilaksanakan saya akan bertemu dengan Guru Agama saya dan beliau akan menyaksikan saya berdakwah.

Dalam hati saya niatkan “Ini adalah Ujian dan Tantangan, harus bisa memberikan yang terbaik kepada sekolah dan tentunya kepada Guru saya”. Dan Alhamdulillah meskipun sempat gerogi dan banyak kata yang diulang-ulang, saya bisa memberikan yang terbaik.

Selain kegiatan di atas, ROHIS juga memiliki kegiatan lain yang mengajak semua siswa-siswi YPII, yakni tes hapalan dan tes membaca Al-Qur’an untuk semua kelas 1 dan kami para anggota ROHIS diberi kepercayaan untuk memberikan tes kepada semua anak kelas 1.

.

B. KERLIP (Kelompok Relawan Laboratorium IPA)

Banyak yang menyarankan saya untuk masuk ke SMA , namun saya tetap pada pendirian untuk memilih Madrasah sebagai pilihan untuk menggali ilmu setelah lulus SMP, ada banyak Ekskul yang ditawarkan di Madrasah Aliyah ini, karena bingung akhirnya tidak ada satupun ekskul yang saya pilih, dalam hati berkata “jadi siswa biasa lebih santai sepertinya”.

Seperti kata orang “jodoh tidak akan kemana”, beberapa bulan setelah aktif menjadi keluarga Madrasah, ada undangan untuk saya dari pengurus Laboratorium IPA agar bersedia menjadi asisten lab, hanya 2 orang yang diundang dari kelas tempat saya belajar, setelah tes dan wawancara akhirnya resmi menjadi anggota KERLIP.

Di KERLIP inilah saya mulai belajar bagaimana menyajikan materi kepada siswa lain, hal yang tidak bisa dilupakan adalah ketika saya harus membawakan satu materi di depan siswa kelas 3, Grogi dan demam panggung mulai menyerang, karena untuk saya yang masih kelas 1 ini terlalu jauh. Namun berkat kejadian itu , saya jadi semakin berani berbicara di depan untuk menyampaikan materi, bisa saja ini adalah teknik yang digunakan pengurus KERLIP untuk melatih asisten baru, pikirku.

Menjadi anggota KERLIP benar-benar memberiku sebuah keberanian untuk berbicara di depan orang banyak

.

C. KIS (Kelompok Ilmiah Siswa)

(ket : KIS 2009, hanya foto pas buka puasa bersama yang tersisa, yang lainnya hilang XD)

Baru 1 bulan setelah saya mengundurkan diri dari KERLIP, salah satu anggota dari Organisasi KIS mengajakku bergabung dengan KIS karena melihat kemampuanku yang cocok dengan KIS menurut mereka.

KIS ternyata tidak jauh beda dengan KERLIP, sedikit perbedaan di KIS kita lebih banyak melakukan percobaan-percobaan yang memang unik dan menarik, seperti membuat bom bom asap, percobaan kimia, bedah buku, madding, penelitian ilmiah dan yang lainnya.

Dua bulan saya bergabung dengan KIS, akhirnya tiba hari dimana pergantian pengurus dilakukan, saya dipilih untuk menjadi salah satu calon ketua, dengan kekuatan Visi “RBT” akhirnya saya dipilih jadi ketua KIS selanjutnya.

Kelas 3, akhirnya datang juga pergantian kepengurusan KIS yang baru dan kepengurusan saya berakhir disini. Meski saya sudah bukan anggota KIS, tapi saya tetap sering ikut kumpul dengan anggota baru sambil menunggu waktu-waktu yang sudah tidak lama lagi saya menjabat sebagai keluarga Madrasah.

.

D. FOM”C (Forum Sulap MA Negeri Cililin)

2010 Akhirnya saya lulus dari Madrasah Aliyah Negeri 1 Cililin, dimana tempat saya menimba ilmu selama 3 tahun, setelah lulus saya sudah memiliki satu tujuan yang harus dicapai, saya ingin mendirikan Forum baru yang unik di Madrasah, akhirnya lahirlah Forum Sulap MAN Cililin.

Dengan dibantu beberapa sahabat, saya memberanikan diri untuk mendatangi setiap kelas untuk mencari orang-orang yang berminat dalam dunia sulap. Setelah 3 hari promosi akhirnya semua data terkumpul. “Kaget, Senang dan Bingung”, itu yang saya rasakan pada pertemuan pertama Forum Sulap ini, bagaimana tidak, ternyata yang minat sangat banyak, sebelumnya saya sudah menebak kemungkinan hanya ada sekitar 50-100 orang saja, meskipun pendaftaran sudah ditutup, ternyata masih ada yang daftar langsung ketika hari pertama masuk.

Akhirnya untuk mengurangi anggota, saya membuat beberapa aturan baru sebelum Forum ini benar-benar berjalan, peraturan ini disetujui untuk mencari orang yang memang benar-benar serius ingin belajar daripada hanya ikut nama saja. Diantara peraturan yang ada,

saya fokus dan tegas pada 2 peraturan penting :

1. Siapa saja yang satu kali saja tidak masuk pada setiap pertemuan dan tidak ada kabar, tanpa peringatan akan dicoret dari FOM”C.

2. Melakukan 3x tes dan jika tidak lulus tes dinyatakan dicoret dari anggota.

.

Kejam memang, tapi memang ini cara untuk menemukan orang-orang yang serius ingin belajar dunia sulap. Setelah semua dilakukan dalam 2 bulan, akhirnya tersisa 10 orang yang resmi sebagai anggota sulap.

Setelah berjalan selama 1 tahun, dampak positif forum mulai terlihat, adanya permintaan Forum untuk dijadikan ekskul resmi Madrasah, adanya permintaan untuk manggung di berbagai tempat.

1,5 tahun sudah saya membina forum ini dengan bertambahnya anggota baru, namun pada waktu itu pula saya sudah berpikiran untuk menentukan Universitas mana yang akan saya pilih, tanpa berpikir 2x dan tanpa menentukan Universitas selanjutnya, saya sudah yakinkan hati untuk masuk Universitas Gunadarma, entah apa alasannya tapi saya hanya mendaftar di 1 universitas saja, Universitas Gunadarma.

Akhirnya kami mengadakan rapat untuk rencana kedepannya Forum Sulap setelah saya mulai masuk kuliah, Alhamdulillah ternyata semua anggota siap melanjutkan Forum tanpa adanya saya sebagai pembimbing. Namun setelah saya kuliah ada kabar tentang semakin sibuknya anggota Forum yang memungkinkan mereka untuk menutup Forum Sulap. Dan akhirnya Forum Sulap ini hanya bertahan selama 3 tahun saja.

.

E. NF Studio (Ndeso Films Studio)

Setelah saya keluar dari kesibukan Forum Sulap dan menyerahkan tanggung jawab kepada anggota Forum, saya sempat bingung “terus dalam 8 bulan ini kegiatan saya apa ?”, akhirnya saya mencari hobi baru, singkat cerita lahirlah Ndeso Films Studio.

Saya mulai mempelajari dunia VFX atau editing video, Alhamdulillah saya mempunya 16 anggota  dan kami pun bersama-sama belajar tentang apa itu Film dan bagaimana cara membuatnya. Meskipun kami masih sangat awam, kami mencoba membuat sebuah film berjudul “Crazy Shooters Series” dan “Portal Wars Series” dan yang sangat baru saya ingin membuat film movie berjudul “H-1”.

Nasib buruk menghampiri NF studio, beberapa anggota mulai sibuk dengan kegiatannya, dan akhirnya NF studio hanya bertahan 6 bulan saja.

.

F. Commov (Communication Movie)

Masa kuliah pun tiba, hal pertama yang ada dipikiran ketika masuk kuliah “Apa gue bisa bikin organisasi baru di sini ya ? tapi organisasi apa ya ?”.

Setelah 3 bulan kuliah terpikir ingin membuat sebuah organisasi VFX dengan nama “BITRIA” (b3a), BITRIA kependekan dari Belajar Bareng Barudak After Effect. Namun sebelum saya mulai serius dengan BITRIA, ada kabar ternyata di tempat saya kuliah ada sebuah Organisasi Movie yang disebut Commov, tanpa pikir panjang saya langsung bergabung dengan Commov karena penasaran saya terhadap dunia Film sangat tinggi waktu itu.

Di Commov saya dipercaya jadi wakil ketua Divisi editor, dan hal ini membuat saya menarik kembali niat saya untuk membuat Organisasi Bitria, karena di dalam divisi ini pun saya sama-sama bisa sharing tentang editing video.

Setelah sekitar satu tahun bergabung, saya sudah memikirkan ingin membuat Organisasi baru dan hal ini membuat saya lebih fokus ke ilmu baru yang saya pelajari yaitu pemrograman, karena memang basic dari jurusan yang saya ambil berhubungan dengan pemrograman dan ini membuat saya sulit untuk ikut hadir dalam agenda Commov, akhirnya saya mengundurkan diri dari Commov, Dunia Film dan lebih Fokus ke pemrograman.

.

G. Cantapro (Cantaloups’ Programming Organization)

Dan inilah Organisasi yang sedang saya jalankan sekarang, sekarang saya sudah masuk ke tingkat 2, ini artinya saya harus mulai menjalankan rencana yang sudah dibuat pada waktu tingkat 1. Meskipun belum berjalan, saya tetap berusaha semaksimal mungkin, agar Organisasi ini benar-benar lahir di kampus dimana saya kuliah.

Sekarang cantapro sudah memiliki anggota 30 orang, meskipun begitu kami tetap pada prinsip bahwa “kualitas lebih baik dari pada kuantitas” dan karena keterbatasan tempat saya memberi batasan jumlah anggota.

Dalam organisasi ini, kita memiliki 2 materi utama yang dipelajari yaitu Pemrograman dan Desain Grafis. Selain itu kita juga punya Visi dan Misi Utama didirikannya cantapro.

.

Cantapro dibagi menjadi 2 Divisi dan 1 materi khusus.

1. Divisi Programming

a

2. Divisi Desain Grafis

ASD

3. UML

b

Namun karena kami semua masih awam, pertemuan-pertemuan awal dijadwalkan hanya sharing dan belajar bersama sebelum kami fokus ke Visi dan Misi Cantapro.

.

NB : Masih banyak organisasi yang belum diceritakan :  IGM, Organisasi Sepak Bola, Bulu Tangkis, Attrent2, Reumasil (Reumaja Anak Sirnagalih), Pramuka. Semoga lain hari bisa diceritakan🙂 .

DAFTAR PUSTAKA

[1] Modul Materi Konsep Sistem Informasi C

[2] Modul Teori Organisasi Umum 1

Tinggalkan Balasan

