Resensi Buku

Judul Buku              : Java for Beginners with eclipse 4.2 JUNO

Penulis                   : Alfa Satyaputra, M.Sc

Penerbit                  : Elex Media Komputindo

Tanggal Terbit          : Oktober 2012

Jumlah Halaman      : 128

Kategori                  : Ilmu Pengetahuan

Teks                       : Bahasa Indonesia

Istilah teknologi informasi mulai populer diakhir tahun 70-an. Pada masa sebelumnya istilah teknologi informasi biasa disebut teknologi komputer atau pengolahan data elektornik (elektronik data processing). Teknologi informasi didefinisikan sebagai teknologi pengolahan dan penyebaran data menggunakan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software), komputer, komunikasi, dan elektronik digital.

Berbicara tentang software/aplikasi dan system berbasis komputer tentu tidak dapat dipisahkan dari komponen yang membentuknya, yakni bahasa pemprogaman. Java sendiri merupakan bahasa pemprogaman yang sangat populer dan banyak sekali digunakan pada berbagai aplikasi dan system yang dapat anda jumpai setiap hari, seperti pada halaman web, aplikasi komputer video game, telepon genggam dan lainnya.

Dengan banyaknya aplikasi dan system yang menggunakan bahasa pemprogaman java, menimbulkan efek pada bertambahnya jumlah programmer yang ingin menguasai bahasa pemprogaman ini. Ditambah pula dengan kemudahan-kemudahan java yang berorientasi pada objek dan hanya menggunakan sedikit sintaks, membuat java menjadi pilihan pertama untuk belajar bahasa pemprogaman. Lalu bagaimana cara memulainya ?

Buku ini menjawab pertanyaan tersebut dengan pembahasan tentang bagaimana cara membuat aplikasi java dengan menggunakan eclipse sebagai IDE (Integrated Development Environment). Sedangkan pada bab berikut ini, anda akan disajikan mengenai definisi dan konsep dasar pemprogaman, konsep bahasa pemprogaman dan jenis-jenisnya, serta penggunaan IDE sebagai sarana untuk pembuatan program.

Pada bab pertama, buku ini membahas tentang kulit luar pemprogaman, mengenal pemprogaman dan bagaimana cara menginstal eclipse. Pada bab ini dasar-dasar dari pemprogaman benar-benar dibahas tuntas cocok sekali untuk yang baru atau ingin belajar bahasa pemprogaman dari awal, dimulai dari sejarah pemprogaman, bahasa pemprogaman, bahasa pemprogaman java, pengertian dan fungsi dari IDE dan mengenalkan aplikasi yang akan digunakan. Bahasa atau kalimat yang digunakan pada bab ini sangat mudah dipahami, tidak basa-basi dan langsung pada inti bahasan dan ditambah gambar-gambar yang memungkinkan untuk bisa mengenal langsung tampilan dari aplikasi ini.

Berlanjut pada bab selanjutnya bab 2 dimana kita langsung disajikan dasar-dasar penggunaan bahasa java. Dimulai dari elemen-elemen yang akan digunakan dalam eclipse yaitu tipe data, operator, perintah-printah dalam bahasa java dan struktur control beserta contoh-contohnya. Namun ada kekurangan dalam bab ini diantaranya ada beberapa perintah yang tidak dijelaskan namun dipakai pada contoh program selain itu system penulisan yang ada dalam program tidak dijelaskan secara rinci, ini menjadikan kita harus mencari info dari luar buku.

Sedikit penjelasan pada bab 3, dimana kita akan mempelajari dan mengenal tampilan eclipse serta fungsi-fungsi tools dalam eclipse.

Lanjut, pada bab 4  kita akan diarahkan lebih fokus dalam pembuatan aplikasi menggunakan eclipse, pembuatan aplikasi dasar samapai menengah yaitu membuat sebuah game sederhana, dilengkapi dengan gambar flowchart yang memberikan kemudahan untuk memahami program yang dibuat, namun pada bab ini juga banyak bahasa java yang ada pada contoh program namun tidak dijelaskan secara rinci.

“Java Tingkat Lanjut”, dibahas pada bab 5, mulai dari konsep OOP (Object Oriented Programming), exception handling, overriding dan overloading serta input/output pada java.

Lalu buku ini juga dilengkapi dengan bab 6 dengan membuat program yang lebih advance yang dilengkapi dengan UML yang menggambarkan jalannya program.

Buku setebal 128 halaman ini mengangkat tema edukasi. Sebuah buku yang cerdas dan simple. Buku ini ringan dan dapat dijadikan bacaan waktu senggang.

Bahasa yang digunakan komunikatif. Cover buku sengaja didesain dengan penampilan yang unik dan modern mengesankan sebagai bacaan yang wajib untuk dikonsumsi dewasa ini (khususnya calon-calon programmer).

 .

Fajar Nurhakim,

Ilmu Budaya Dasar, 1KA10, Mahasiswa Universitas Gunadarma Depok.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s