Keindahan Dalam Berjilbab

Allah berfirman:

“Hai Nabi katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mu’min:”Hendaklah mereka menjulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha pengampun lagi Maha penyayang.” (QS. Al-Ahzab: 59).

Wahai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian takwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebahagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat. (QS. Al A’raaf: 26)

1 (2)

Jilbabers : Sri Wahyuni (Komunikasi UG)
Photographer : Edwin  Fitryanto (SNAP UG)

.

Keindahan adalah sebuah sifat atau suatu keadaan yang enak dipandang, elok dan cantik. Banyak para designer pakaian yang sangat memperhatikan aspek ini, dengan menciptakan pakaian yang indah untuk dipandang membuat para wanita yg menggunakannya terlihat makin cantik, seksi dan elok.

Namun, Agama Islam memiliki konsep tersendiri yang menyatakan “itulah pakaian yang paling indah, itulah pakaian yang paling baik dan seperti itulah wanita yang paling indah(shalehah)”. Lantas Keindahan seperti apakah menurut pandangan Islam?

“Kebersihan Sebagian dari Iman”, Bersih adalah suatu keadaan dimana keadaan tersebut bebas dari kotoran, ketika kita melihat sesuatu yang bersih, maka akan timbul sebuah keindahan.

“Perhiasan dunia yang paling indah adalah wanita Shalehah”, Shaleh adalah dimana keadaan seseorang yang begitu taat  dan bersungguh-sungguh dalam beribadah, wanita shalehah tentu akan selalu taat dan bersungguh-sungguh untuk menggunakan jilbabnya sebagai salah satu kewajiban.

1 (5)

Jilbabers : Sri Wahyuni (Komunikasi UG)
Photographer : Edwin  Fitryanto (SNAP UG)

.

Saat ini banyak wanita muslim yang menggunakan jilbab dan seakan-akan menjadi tren mode, jilbab yang digunakan pun beraneka ragam. Namun banyak juga di antaranya yang belum terbukanya pintu hidayah untuk mengenakan jilbab, dengan berbagai alasan takut merusak rambut, gerah, menutupi kecantikannya, belum siap dll.

Berjilbab adalah sebuah kewajiban bagi wanita muslim yang bertujuan untuk menutupi aurat, selain itu dengan berjilbab akan sangat berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari.

“Perhiasan dunia yang paling indah adalah wanita Shalehah” Wanita shalehah adalah perhiasan yang paling indah, dapat disimpulkan bahwa wanita yang besungguh-sungguh menggunakan jilbab adalah perhiasan yang paling indah, karena :

1. Dia menutupi Auratnya, dan hanya akan memperlihatkan keindahan mahkotanya kelak kepada suaminya seorang

2. Dia takkan tunjukkan kecantikan dan keindahannya kecuali hanya pada yang sudah dihalalkan atasnya

3. Dia menghormati oranglain, dengan berpakaian yang rapi, bersih dan sopan(jilbab)

Dan keindahan dalam berjilbab lainnya, ketika dia (wanita muslimah) dapat menjauhkan diri dari maksiat

1. Dia adalah wanita yang shalehah

2. Dia patuh terhadap orangtua

3. Dia akan jauh dari fitnah-fitnah

Keindahan Yang Berkembang

1

Gundar Hijabers

.

Seiring waktu berjalan jilbab pun ikut berkembang dan makin modern dari segi corak, warna, bentuk dan membuat keindahan pada jilbab serta pemakainya berkembang, seperti yang dilakukan oleh salah satu komunitas di Gunadarma. Gundar Hijabers begitulah nama yang tak asing lagi dimana suatu komunitas berkumpulnya wanita-wanita yang gemar menggunakan jilbab, cara-cara menggunakan jilbab modern dan sharing ilmu seputar jilbab. (fajar nurhakim, 16/3)

TEMA

Manusia dan Keindahan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s