Memahami Orang-Orang Bertipe Introvert !

Pendiam bukan berarti pemalu
Penyendiri bukan berarti tidak mengerti akan kehidupan sosial
Tidak berbicara bukan berarti bisu
Melamun bukan berarti kalah pada keadaan
itulah Introvert

Introvert adalah sebuah sifat dan karakter yang cenderung menyendiri. Mereka adalah pribadi yang lebih menyukai ketenangan dari pada khalayak ramai.
Jumlah orang yang introvert hanya sekitar 25% dari total manusia. Hal ini menyebabkan banyak kesalahpahaman, karena masyarakat tidak memiliki pengalaman yang cukup dengan orang-orang introvert.

Ciri-ciri orang bertipe introvert
1. Introvert suka menyendiri , Enjoy menikmati kesendirian
2. Lebih suka mendengarkan daripada bicara
3. Introvert akan berbicara ketika waktunya berbicara
4. Ketika berkumpul dengan beberapa orang , dia akan diam seribu bahasa dan ketika ditanya dia akan menjawab langsung pada intinya
5. Ketika berkumpul dengan banyak orang dan sedang dalam sebuah forum/club/perkumpulan yang resmi, tipe introvert akan lebih aktif dan banyak bicara
6. Haus akan hal yang berbau informasi
7. Tingkat kehati-hatian yang tinggi
8. Introvert itu pasti Geek
9. Cuek dan kadang sombong
10. Selalu menyimpan masalahnya sendiri
11. Selalu berpikir sebelum berbicara

Apakah anda termasuk tipe yang introvert ? apakah  point-point diatas mencerminkan sifat/kepribadian anda ? Anda takut menjadi seorang introvert ? atau anda senang dan ingin menjadi seorang introvert ? apakah introvert adalah bawaan dari gen keluarga  atau sebuah tipe yang dibuat-buat segelintir orang ?

Kita sudah tahu , kalau di dunia ini hanya ada 25% orang bertipe intovert dari jumlah total manusia dan kita tahu bahwa orang bertipe ini lebih suka menyendiri dan bersifat privasi beda halnya dengan orang yang bertipe eksovert , tipe yang lebih terbuka dan senang bersosialisasi.

Dampak Positif Bertipe Introvert
1. Memiliki wawasan yang luas , apalagi bidang yang diminati .
2. Jarang terjatuh (dalam artian salah ambil keputusan) karena sifatnya yang sangat  hati-hati
3. Seorang Introvert dapat bersikap tenang menghadapi segala tekanan dan permasalahan
4. Ketika 2 orang yang bertipe introvert bertemu maka akan sulit untuk mengalahkan dan memisahkan mereka

Ahli psikologi sekelas Mihaly Csikszentmihalyi dan Gregory Feist mengatakan bahwa, orang-orang Introvert adalah orang dengan kreatifitas berkelas nomor satu. Faktor ini terjadi karena mereka dapat menyelam penuh ke dalam pemikirannya. Membaur bersama intuisi dan ketenangan yang bersinergi dengan sunyi. Itulah syaratnya agar dapat menciptakan sebuah Adikarya. Biasanya seorang Introvert gemar menulis. Karena dalam menulis mereka dapat lebih terbuka dalam mempresentasikan pikiran ataupun membagikan pengalamannya kepada orang lain.

Dampak Negatif Bertipe Introvert
1. Selalu tersalahkan (di kambing hitamkan)
2. Di cap sebagai orang cuek dan judes
3. Kurang tahu dunia sosial
4. Selalu dipojokkan
5. Selalu terlihat tidak gaul

Ternyata banyak para pemimpin dunia yang memang seorang Introvert salah satunya Bill Gates dan Steve Wozniak.

Opini Ndeso Films (Fajar Nurhakim)

Pada awalnya saya merasa saya adalah seorang introvert karena kecendrungan saya yang suka menyendiri, tapi di sisi lain, saya pun menyukai aktifitas bersosialisasi dan kebersamaan, ketika pada keadaan tertentu saya kadang menjadi seorang introvert tapi kadang pula saya menjadi seorang eksovert, dengan kata lain saya memiliki kedua sifat tersebut yang disebut dengan ambivert.

Tidak masalah apakah orang itu bersifat introvert, eksovert atau ambivert, yang penting dia bisa mendorongnya ke hal yang positif dan berguna bagi orang lain😀.

24 thoughts on “Memahami Orang-Orang Bertipe Introvert !

  1. Saya juga orang introvert,dan hal yg paling menyebalkan adalah banyak orang yang tidak mengerti kami orang introvert,saya bhkan sering mendapat julukan cewek judes..tapi y mau bagaimana lagi,inilah saya,mereka tidak tau ketika saya diam itu saya sedang nervous dan bingung dg apa yg harus saya katakan,tapi mereka terlanjur mengambil kesimpulan bahwa saya orang yg jutek dan sombong

  2. Ping-balik: type kepribadian introvert | RADIM

  3. Menjadi orang Introvert terkadang mebuat senang dan kesal. Kesalnya saat saya sering disalahkan (dikeluarga), di manfaatin oleh teman di sekolah, dan dicap judes, cuek banget, dan sombong -__-. And, Thanks infonya🙂

  4. Saya termasuk orang yang introvert, bicara dengan teman sekelas saja susah, intinya tak bicara ketika tak ada persoalan yang akan dibahas, kesannya seperti orang yang pemalu, kadang susah menuangkan apa yang ada didalam pikiran,

  5. saya termasuk orang yang introvert, saya tidak suka terlalu banyak teman, mungkin hanya beberapa saja. terkadang saya terlalu di pojokan di karenakan sama tidak mau bergaul dengan mereka.dan saya lebih suka menjaga perasaan orang lain walaupun saya sendiri yang tersakiti. dan saya mempunyai semangat dan potensi yang besar untuk mencapai tujuan hidup saya, tetapi terkadang saya terlihat cuek.

  6. saya juga seorang introvet ketika saya diam saja saya sering dimanfaatkan orang lain, ketika saya ingin menolak kemauan orang itu saya dikira aneh. saya selalu dibilang cuek dan jutek padahal sebenarnya saya tak berani berucap..

  7. ya, saya introvert… saya memang ikut organisasi disekolah saya, tetapi diluar itu saya sering menyendiri dan itu menyenangkan. dalam keadaan sepi yg gak ada kebisingan apapun

  8. waw ternyata saya juga seorang introvect … saya memang ikut ektrakulikuler sekolah , dan disana lebih suka diam mendengarkan orang lain berbicara , daripada saya yang berbicara … kadang teman seangkatan saya bilang saya itu pendiam … tapi sebenarnya bukan…. saya cma gak tahu mau ngomong apa (mendingan nulis uneg uneg buat temen daripada harus berbicara langsung rasanya gimana gtu ska kikuk :3😮 … saya juga sering mnjga ucapan saya meskipun saya yang tersakiti …😀 … slain itu say lebih suka tempat2 yang sepi dari pada berada ditempat yang ramai rasanya enaak banget

  9. Saya juga introvert…saya lebih suka di kamar, menulis menuangkan semua ide saya…membaca, menghayal dan menganalisa…saya sangat suka sains…saya suka detail2, suka ngamatin semua hal…saya ngak pendiem2 banget…suka bicara jga tpi ada saatnya jga ehehe…iya saya suka nervous dan kesannya sombong serta cuek..
    Kadang saya kesel dengan pemikiran orang yang umum atau standar saja…kok kayaknya itu2 aja ngak berkembang ke arah lain ehehee…entah ini hanya saya aja ato orang introvert lain jga ngerasainya ngak…yg pasti saya tahu rata2 orang introvert itu cerdas dan kreatif.

  10. 1. Selalu tersalahkan (di kambing hitamkan)
    2. Di cap sebagai orang cuek dan judes
    3. Kurang tahu dunia sosial
    4. Selalu dipojokkan
    sbg introvert , tiap hari gw ngalamin hal itu
    dan itu rasanya . .
    Nyesek -_-

  11. terimakasih atas infonya:)..ngga sengaja tiba2 nemu artikel ini..klo saya 100% intervert..suka berimajinasi,,penfdiam,pemalu,pemikir,ngga suka basa-basi..tapi orang lain ngeliat saya itu “aneh” dan “misterius” meskipun demikian,.Alhamdulillah saya adalah org yg sangat dibutuhkan org2 di lingkungan sekitar saya..hehehe -Vina(spensa bjm):D

  12. wah bagaimana kalau sebaliknya, orang introvert dampak negatifnya bisa kah cenderung menyalahkan oranglain, bersikap cuek dan judes. Jadi kadang sebel… Rasanya buat orang extrovert berpikirnya ” orang kok seenaknya sendiri ” gitu kali yaa.. he he.

  13. Saya Memang Seorang Introvert Tapi Dibalik Introvert Saya Adalah Seseorang Yg Berzodiak Gemini Dan Kalau Saya Pikir Saya Mempunyai Kelebihan Yg Tak Terbayangkan Terhadap Pemikiran Yg Begitu Dashyat Yg Bahkan Diri Saya Sendiripun Bingung Akan Hal Itu, Saya Senang Akan Hal Yg Positif Dan Saya Tidak Suka Perkataan Yg Kasar Sayapun Lebih Suka Bersosialisasi Hanya Dengan Teman Yg Akrab Dengan Saya Jika Ada Tujuan Tertentu Yg Ada Dipemikiran Saya Untuk Dibahas, Sayapun Terkadang Slalu Disebut Orang Yg Aneh Dan Gaje Padahal Mereka Tidak Memahami Kami, Dan Ketika Disekolahan Kami Mendengarkan Kesan Pembina Yg Bijak Saat Upacara Tapi Pemikiran Kami Sudah Lebih Jauh, Memahami & Mengerti Dalam Istilah Sangat Hebat Walau Sebijak Apapun Pembina Itu Tapi Saya Hanya Bisa Menyimpannya Dalam Hati Jika Menurut Saya Itu Baik Bagi Saya, Dan Saya Slalu Menggunakan Pikiran Dan Hati Yg Menyatu Dan Disitulah Saat Saya Berfikir Dan Hatipun Mendengarkan, Dan Slalu Mengasah Saya Hingga Akhirnya Saya Slalu Berfikir Bahwa Pikiran Saya Lebih Hebat Dari Pada Orang Yg Berbicara, Dan Sayapun Diperkirakan Sudah Mengalahkan Lawan Bicara Saat Berargumentasi Sekitar 524 Orang, Walau Saya Cuek Saya Slalu Dikejar Banyak Seorang Wanita Dan Entah Kenapa.. Banyak Pula Yg Memperhatikan Saya Diam Diam Dan Karna Saya PenDiam Yasudah Diamin Aja Dan Akhirnya Mereka Pada Kecewa Sama Saya Karna Cintanya Tidak Ditanggapi Dan Sayapun Sering DiSebut PHP Saya Cewe Tsb Padahal Saya Hanya Diam Saja :’v & Saya Ga Peduli Secantik Apapun Mereka Sebidadari Apapun Merek :’v Karna Saya Ga Pernah Pacaran Dan Lebih Nyaman Sendirian.. Karna Saya Ingin Meraih Masa Depan Saat Sukses Baru Pacaran Karna Saya Ga Mau Pake Uang Ortu Kasian Setiap Pulag Malam Bajunya Pasti Basah😥 Dan Yg Paling Saya Maleskan Introvert Itu Orang Orang Tidak Memahami Kami Bahwa Sesungguhnya Itu Kami Lebih Mengerti.. Dan Saya Ingin Tv Menyiarkan Berita Tentang Introvert Agar Masyarakat Dapat Memahami Kami..

  14. Suka menyendiri..kalaupun berkumpul dengan teman hanya diam dan mendengarkan…bicara paling di tanya dulu…klo mau nyapa gak tahu mau ngomong apa setelahnya, jadi malah tidak jadi menyapa…ujung” malah di bilang cuek…

Tinggalkan Balasan

