Fungsi-Fungsi Penting Dalam After Effect

FILE

1. New Project : Bikin projek baru ๐Ÿ™‚
2. New Folder ย : Bikin folder baru ๐Ÿ˜›
3. Save : Menyimpan sementara projek yang lagi dibikin
4. Save As : Sama dengan fungsi Save cuman kita membuat data save baru ๐Ÿ˜€

.

EDIT

1. Copy : Pastinya udah tau kan , copy-paste ๐Ÿ˜‰
2. Duplicate : Sama dengan fungsi Copy-Paste
3. Split layer : Memotong layer menjadi 2 (jadi ada 2 layer ntar)
4. Preferences : Mengatur tampilan (warna , pencahayaan dll) After Effect

.

COMPOSITION

1. New Composition : Membuat Komposisi baru , dimana komposisi adalah tahapan awal ketika kita mau mengedit Video/Foto
2. Composition Settings : Menggatur ulang settingan pada komposisi (Durasi , Frame , Kualitas dll)
3. Add to Render Queue : Adalah langkah terakhir dalam mengedit Video/Foto dalam after effect , lebih mudahnya ngโ€™render itu menjadikan hasil editan ๐Ÿ˜€

.

LAYER โ€“ NEW

1. New Text : Membuat tulisan baru , sebenernya ada cara lebih cepat sihย ๐Ÿ˜€ย ini buat pengetahuan aja yaย ๐Ÿ˜€
2. New Solid : Solid itu ibarat buku yang masih kosong lalu kita menulis di atasnya (memberi Effect)
3, New Light : Menambahkan Effect Cahaya
4. New Camera : Memberi Effect Camera 3D atau merubah objek 2D menjadi 3D,ย CONTOH
5. New Null Object : Alat bantu gerak, Fungsi Null Object
6. New Adjustment Layer : Alat bantu juga dalam After Effect ,ย Fungsi Adjustment Layer
7. Solid Settings : Mengatur ulang settingan pada (point 2-4)
8. Pre-Compose : Menggabungkan 2 atau lebih (layer , solid bla bla bla dll) menjadi 1 ๐Ÿ˜‰

.

LAYER โ€“ TRANSFORM

1. Transform โ€“ Fit to Comp : Menyamakan ukuran (Foto , video , layer dll) dengan komposisi

.

LAYER โ€“ TIME

1. Enable Time Remapping : Membuat video berhenti sesaat pada 1 frame , kemudian jalan kembali (kaya di uya kuyaย ๐Ÿ˜› kadang suka berhenti sebentar , trus ada Bubble Talk ๐Ÿ˜€ย )
2. Time-Reverse Layer : Ketika di Play , video berjalan dari akhir ke awal (berbalik)
3. Time Stretch : Mengatur kecepatan Durasi Video (bisa dipercepat , bisa diperlambat)
4. Freeze Frame : Freeze = Beku , Frame = Gambar , jadi Membekukan Gambar di Video *rada susah dijelaskan nih XD

.

EFFECT

Untuk Pembahasan Effect karena banyak banget jadi pindah ke SINI

.

ANIMATION

1. Convert Audio to Keyframes : Audio diubah jadi alur frame (tar deh dengan praktek akan lebih jelas)
2. Add Expression : Memasukan Ekpresi pada video atau effect , untuk lebih jelasnya tar yaย ๐Ÿ˜€

.

VIEW

Nah untuk View , gue kurang tau juga bagian-bagian dan fungsi-fungsinya , jadi mungkin agan2 di sini ada yang tau boleh di Share ย yaย ๐Ÿ˜€

.

WINDOW

Terakhir , Window menampilkan panel apa saja yang kita pakai di After Effect , lihat gambar aja dehย ๐Ÿ˜€ mudah kanย ๐Ÿ˜‰ย .
Mau nambah panel di After Effect ? klik aja window โ€“ klik deh mana yg mau ditambahkan ๐Ÿ˜€

Makasih ya udah berkunjung ๐Ÿ˜€

Iklan

16 thoughts on “Fungsi-Fungsi Penting Dalam After Effect

  1. keren pak bro….
    gue baru belajar bginian nih, lumayan rumit. tapi berkat tutorial dari kalian para blogger ini sangat mmbantu proses belajar gue yg notabene kaga ada yg bimbing alias otodidak….

    thanks pak bro sukses terus n jgn bosen berbagi ilmu….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s